Cinta Allah Versi ABG

Posted: 13 Desember 2008 in Artikel
Tag:,

“Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta”. Begitu orang banyak bilang. Iya, gimana mungkin kita tiba2 ngomong cinta, sayang, ato kangen kalo kenal aja nggak. Betul kan! Kita semua barangkali udah pada ngerti en sepakat bahwa kalo pengen mencintai sesuatu (misalx : doi bagi ‘aktivis pacaran’) pasti kita akan mencari tau seluk beluk tentang kehidupan doi kita, mulai dari hoby, makanan vavorite, warna vavorite, ampe pada kebiasaanx ketika tidur (ngorok kali ye, he..he). Kemudian kita dengan tulus akan berikan perhatian dan kasih sayang dan pastinya akan ngejaga persaanx, kita tidak akan nekat melakukan sesuatu yang dia benci (selingkuh misalnya). Agar terbukti bahwa kita emang doskix yang setia, apapun yang doi inginkan kita akan penuhi (bahkan ‘daerah X’ pun rela diberikan).

Sama halnya dengan Allah, q-ta juga nggak akan mungkin bisa dengan tulus cinta ama Allah, kalo nggak kenal ama Allah. Duh sedih banget deh .., kalo sama Allah aja q-ta jauh. Padahal, hanya Allah yang akan bisa bikin hati q-ta tentram, damai en tenang. Apalagi dunia kian hari kian sumpek, manusianya kian nggak karuan. Tentunya q-ta sebagai manusia yg beriman hanya mengadukan kepadaNya.

Q-ta2 sebagai manusia, kalo mau dapatkan sesuatu pasti berupaya keras tuk meraihnya. Tapi ingat!, ada faktor yang menjadi penentu seluruh upaya optimal q-ta. Who? Tul banget! Allah Swt. Example, q-ta menanam sesuatu pasti melibatkan Allah tuk menumbuhinnya. So, dari kecil aja q-ta pasti melibatkan Allah. Makanya ngomongin Allah yuk! Bukannya sok suci (mending dibilang sok suci daripada sok jahat, hehehe) tp tentunya ni benar2 perlu buat sobat CeMuT, yakni sebagai langkah tuk CaPer (cari perhatian) Allah biar q-ta bisa berCINTA dengan Allah. Ok!!! Let’s star now…

Remaja Funky Cinta ILAHI…

Kalo dipikir2, ngapain sih susah2 mikirin siapa pencipta alam semesta en isinya? Termasuk q-ta2? Mending ngelakuin yang lebih bermanfaat, ya nggak? Tunggu sobat … meskipun kadang q-ta kelihatan nggak butuh banget sama Allah, tp Allah tu baek .. banget ama q-ta. Mau bukti? Gini sobat, kalian pernah ke Banjarmasin naik taxi? berapa yang kudu q-ta bayar? Rp 25 ribu ya kan. Ingat! Hanya kurang lebih 3 jam q-ta harus bayar segitu. Sekarang udah berapa lama q-ta naik kendaraannya Allah (bumi), bukankah bumi ini terus berputar 24 jam non stop, bahkan kendaraan bumi Allah ini telah q-ta jadikan tempat tidur, bahkan tempat tuk beol. Berapa yang udah q-ta bayar? Gratis kan! Gimana Allah baek kan!. Coba pikir…pikir! (pake otak jangan peke dengkul). Siapa coba yang bikin rambut di alis en bulu mata? Warna, titik tumbuh, akarnya sama aja dengan rambut di kepala? Kalo pertumbuhanx sama, ikalnya sama, waduh … pasti bakalan lebih serem dari genderwo! Nah, contoh itu bukti kalo Allah sayang banget ama q-ta. Makanya sobat q-ta kudu ngerti dan sadari ini semua, sebagai sarana tuk kenal ama Allah. Kanjeng nabi pernah bersabda, “siapa yang mengenal dirinya, maka ia akan mengenal RabbNya”.

Mengenal Allah wajib lho! Coz, q-ta akan tau persis arah hidup q-ta. So, saat ngejalanin hidup q-ta nggak bakalan serampangan or semau gue. Nah, liat sono contoh semau gue : kena narkoba, hamil luar nikah, bunuh diri, hidup bersama tanpa nikah (kumpul kebo’), nenggak miras ampe koit! Sobat CeMuT nggak mau kan!.

Pernah nggak terlintas, siapa yang ngecat cabai berwarna merah? Siapa yang menjadikan air sebagai sumber kehidupan? Siapa yang ngubah ulat jadi kupu2 yang teramat indah? Siapa? Jawabnya kalian pasti serentak, Allah yg mencipatakan. So, Allah sebagai focus pembahasan kali ini menjadi sangat penting tuk dibicarakan. Coz, membicarakan Allah berarti membicarakan q-ta, kehidupan en alam semesta.

Bukti kalo Allah benar2 ada en ngatur alam ini sejalan dengan akal q-ta (akal sehat tentunya). Tapi q-ta kudu ngerti adanya Allah itu tidak perlu dibuktiin ato dengan melihat ZatNya. Karena akal q-ta tuh nggak bakalan sanggup ngejangkau ZatNya. Dijaman nabi q-ta, ada suku badui (orang pedalaman) yang baru beriman ditanya bagaimana engkau membuktikan adanya Allah? Dia menjawab : telapak onta ini menunjukkan adanya onta, sambil menunjuk ke tanah yang ada bekas onta lewat. Jadi, sebenarnya apa yang ada di sekiling q-ta dapat membawa q-ta mengenal dan mengesakan Allah.

Coba simak cerita berikut! Ada seorang profesor dari Jerman sekaligus ahli bedah. Ia kafir, tapi suka mempelajari ilmu agama, termasuk agama islam. Suatu hari ia menemukan surah Yunus : 92. Dalam ayat tersebut dijelaskan kalo Allah menyelematkan badan seseorang tuk menjadikan pelajaran buat org2 yang akan datang. Profesor ini menemukan lagi surah Al Baqarah : 50. di sana dijelaskan kalo badan yang diselamatkan Allah adalah Fir’aun yang tergelam. Profesor itu pergi ke Mesir. Setelah sampai di Mumi Fir’aun, ia menemukan 3 raja Ramses, yaitu Ramses I, II en III. Dengan ilmu bedahnya, profesor bedahlah ketiga mumi itu. Ternyata, Ramses II lah yang ditenggelamkan Allah. Berkat hidayah Allah, setelah kejadian itu profesor yang mulanya kafir masuk islam. Subhanallah!. Inilah suatu kenyataan jika manusia mau menggunakan akal sehatnya, niscaya ia akan menemukan kebenaran islam.

Okay! Q-ta tengok juga yuk bukti keberadaan Allah lewat dalil naqlinya. “Dialah yang awal dan yang akhir, yang dzahir dan yang batin dan Dia maha mengetahui segala sesuatu. Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa: Kemudian Dia bersemayam di atas ‘arsy Dia mengetahui apa yang masuk ke dalam bumi dan apa yang keluar daripadanya dan apa yang turun dari langit dan apa yang naik kepada-Nya . Dan Dia bersama kamu di mama saja kamu berada. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan”. (TSQ Al Hadid : 3-4).

Lantas, kenapa sih q-ta diminta tuk sadari dan pahami kalo Allah itu ADA dan DEKAT? Coz, kalo q-ta sadar ada Dzat yang ngawasin q-ta, hal itu akan menyebabkan q-ta lebih terkontrol en hati2 dalam melakukan sesuatu. Emang ada sih manusia yang ngingkari keberadaan Allah (atheis). Mereka nih para pengikutnya Darwinisme, Karlmarx yang memiliki idiologi sosialis en komunis, (markasnya ada di Jerman, Jepang ato Cina). Mereka meyakini bahwa semua yang ada di dunia termasuk diri q-ta berasal dari materi dan nanti akan kembali menjadi materi, makanya mumpung hidup harus menikmati hidup dengan penuh kebabasan, tidak ada pertanggung jawaban. Milik orang lain milik q-ta juga, istri orang istri q-ta juga (enak tenan ya!), itulah prinsip en pandangan mereka.

Ko q-ta ngomongin idiologi sih?. Ya sobat CeMuT, ini penting lho! Q-ta kudu tau bahwa idiologi itu adalah pandangan hidup seseorang ato simpelnya adalah aqidah. Karena idiologi inilah yang menjadi penentu arah hidup seseorang makanya aqidah q-ta kudu bener. Bukankah tidak sedikit temen2 q-ta yang berprilaku ala sosialis/komunis ‘penuh kebebasan’, padahal dia muslim lho! Artinya, udah banyak remaja muslim yang terpengaruh dengan idiologi ini. Celakanya nih en bikin resah adalah sejak dulu udah menyusup dalam kurikulum pendidikan kita, misalnya dalam pelajaran IPA yang mengatakan ‘manusia itu berasal dari kera’ yang telah berevolusi jutaan tahun yang lalu. Gawat baget kan!

Next, apa dong manfaatnya q-ta kenal ama Allah? Begini guys! Saat q-ta berkenalan ama seseorang, pasti q-ta akan berinteraksi en saling mencari : ‘Kira2 apa yang saya ambil manfaatnya kenal ama dia? Bisa nggak dia bikin gue lebih baik” en seterusnya. Pasti gitzu kan?! Nggak mungkin q-ta kenalan, terus abis itu udah lupain, yang penting udah tau. Nggak kan? Begitu juga saat q-ta kenal en lebih dekat ama Allah. Betapa keren Allah karena udah ciptain the great things in dur life. So, apa aja ya manfaatnya? Mari q-ta kupas satu persatu.

Merasakan Kebebasan Sejati

Yupz, Saat seseorang kenal ama Allah dengan baek insya Allah ia akan menjadi pribadi yang merdeka dan pemberani. Lho, qoq bisa? Iya dong? Ia nggak akan pernah takut dengan sesuatu apapun kecuali Allah. Kemanapun dia berada merasa selalu ditemani dan dilindungi Allah. Ia nggak sedih bagaimanapun kondisi dan kenyataan hidupnya. Ia hanya merasa takut dan sedih jika tidak bisa taat pada Allah. Menyenangkan banget punya kepribadian seperti ini. Persis sabda nabi “Sungguh aku mengagumi seorang mukmin, bila memperoleh kebaikan ia memuji Allah dan bersyukur dan bila ditimpa musibah ia memuji Allah dan bersabar

Merasakan Ketenangan

Gmn nggak tenang, broer?! Coz, orang yang kenal Allah sangat paham kalo semua yang dimiliknya hanya pinjaman dari Allah. So, nggak bakalan cemas en takut miskin gitchu!

Mendapatkan Barokah yg Buanyak

Apa sih barokah itu? Apa kalo kita kenal dengan baek lalu q-ta menjadi kaya raya? Oh no! Barokah itu artinya, dalam setiap rezeki yang q-ta peroleh mendapatkan manfaat yang optimal, dengan bertambahnya ketaatan q-ta kepada Allah, bukan malah menjauhkan q-ta dari Allah. Gitchu man!

Kehidupan yg membahagiakan

Ketika memikirkan bahwa dunia ini adalah segala2 nya en seluruh isinya yang mampu bikin q-ta bahagia, maka justru kebahagiaan akan menjauhi q-ta. Nggak percaya? Example : orang yg gantungin kebahagiaan pada rasa hormat orang lain, maka saat orang lain memandangnya sebelah mata pasti deh dia stress buanget, lalu stroke en koit.

Mendapatkan Surga

Orang2 yg kenal baek ama Allah, pasti ia akan terus mencari perhatian Allah dengan selalu taat pada-Nya. So, semua itu akan membuahkan hasil akhir yang baik, yakni Bonus berupa surga yang seluas langit dan bumi.

Mendapatkan keridhaan Allah

Ini adalah karunia yg lebih indah dari pada Surga. Di akhirat kelak, ada sebuah kenikmatan yang melebihi karunia surga, yakni kenikmatan memandang wajah Allah dalam keadaan ridho. Duuh …. pengen … banget deh!!!

Nah selesai deh bicara tentang Allah. Gmn? Bangga kan jadi orang islam. Ternyata keberadaan Allah en ke MahabesaranNya bikin hidup q-ta jadi lebih hidup. Wallahu a’lam

Komentar
  1. MauLidaH mengatakan:

    Ass..Wr.Wb

    PaK……,, Saya mau Nanya …..

    CaRa EfektiF agaR beLazar qT Lbh nyaMan en bersEmangat gmN……????

  2. ksicemut mengatakan:

    Wasslm. Cara belajar efektif?
    pertama, harus jawab pertanyaan ‘kenapa ya gue harus belajar?’ kalo udah temukan jawaban yang ‘hakiki’ udah pasti akan menumbuhkan semangat yang tinggi tuk belajar dan terus belajar. lihat aja para ulama misalnya seperti imam syafi’i sejak kecil udah mengembara tuk cari ilmu.
    ini penting! karena ketika salah dalam memaknainya, maka belajarnya, jadi ngga punya arah ngga ikhlas dan merasa berat
    truz, tuk ngejawab pertanyaan ini, kita kudu kaitkan dengan keimanan kita. bahwa belajar adalah sebuah perintah Allah. kalo tidak belajar berarti ‘dosa’. Nah motivasi belajar yang di ridhoi Allah dan insya Allah dapatkan pahala
    kedua, apa aja yang kudu dipelajari. Mengapa? karena tidak semua ilmu boleh dipelajari, misalx ilmu santet, ilmu ramalan bintang. Maksudnya harus dipilah dan pake prinsip ‘skala prioritas’. Ilmu-ilmu yang sifatnya fardu ain kudu didahulukan dan porsinya lebih banyak seperti ilmu bagaimana cara sholat, cara berpakaian, ampe pada cara berdakwah.
    kemudian ilmu yang sifatnya fardu kifayah : seperti matematika, fisika, dll
    ketiga, caranya gimana? pake aja rumus ‘CCABBS’ alias ‘cari cara agar bisa belajar sendiri’. simpulannya Harus BANYAK BACA! titik
    Keempat, selamat mencoba!
    salam

  3. Anak KSI ( Rezma ) mengatakan:

    Ass.Wr. Wb
    Baguz – baguz ….. mOga za KSI mKin sukses …!!!!!!

    Pak…,,, saya pengen nanya !!!!
    kita kan mendekati UAN, g’MN cranya belajar Kreatif en Efektif,,,,, !!! BERSemangat en ga malez ge !!!!! Kdg hampir dekt UAN palenk mlez belajar co’z godaannya buanyak bngat sch !!!!!

    SALAM BUAT ANAK KSI seMUANYA

  4. ksicemut mengatakan:

    Wassalam.
    Ga usah pake basa-basi ya,
    Mengenai trik belajar agar siap dan sukses UNAS, berikut penjelasannya:
    1. Pertama, luruskan niat agar agar bener-bener sadar bahwa belajar perintah Allah dan akan mendapatkan ganjaran yang berlipat ganda (kaya gunung kali…)
    2. Truz agar motivasinya terjaga, coba bayangin jika besok ternyata udah UAN gimana ya? Truz bayangin juga seandainya hasil UAN kalian ternyata anjlokkk…maksudnya, bayangin coba seandainya semua temen kalian LULUS dan ternyata elu satu2nya yang nggak lulus… kacian deh… udah pasti sedih, hancur, malu, stresssss, mansur (masa depan suram), merasa bersalah ama ortu, de el el deh. Truz sebaliknya gimana jika setelah UAN dapat nilai terbaik di sekolah, hebat oyyy… gue… apalagi kalo terbaik se kandangan ato bahkan terbaik se dunia. Gimana apa ngga histeris!!!!
    3. Ingat! Waktu Ujian semakin dekat, kurang lebih 4 bulan udah pasti engga cukup waktu, otak ngga bisa nampung semua pelajaran dari kelas 1 ampe kelas 3. makanya belajarnya kudu pake trik dan strategi. Akni belajar dikit tapi kena sasaran. Maskudnya? Elu… harus tau SKL (Standar Kompetensi Lulusan) minta aja ama guru bidang studynya. Truz, lanjutkan pelajari tipe soal ujian yang sesuai dengan SKL itu. Misalnya soal-soal pada Detik-Detik UAN.
    4. Kalo udah beres poin tiga, kalian kudu pelajari cara menjawab smart (cepat dan singkat), kenapa ya? La iyalah, coba bayangin dengan waktu 120 menit kalian harus nyelesaian soal matematika 40 soal (potong ngisi LJK) udah pasti waktunya TEKOR dong!
    lalu dimana kita bisa dapatkan? Ikut bimbel (bimbingan belajar) seperti PRIMAGAMA (ehm bapak sambil promosi boleh kan! ) msalahnya bpk juga TENTOR Primagama lho! Disana akan diberikan triks-trik jitu untuk membantai soal-soal UNAS. Daftar gih… masih ada kursi kosong tuh, end mumpung ada diskon! Asyik kan!
    5. Terakhir, kalo kalian udah maksimal siapinnya, tinggal tutup dengan jurus terakhir, yakni DOA yang khusu’. Mohon kepada Allah siang dan malam, pagi dan petang, dan jangan lupa minta bantuan doa ama ortu, guru, temen dan jika perlu semua manusia yang ada dimuka bumi ini (keroyokin tuh). Semoga dikabulkan! Truz yang paling akhir, jangan ampe terbesit niat lakukan kecurangan, seperti buat kerepean (contekan), bikin tim sukses’ atao ngarapin jawan temen. Disamping DOSA udah pasti, trus memorinya rusak dan tidak konsentrasi lagi karena ada persaaan bersalah dan takut ketahuan.

    Mumpung belum terlambat, Selamat mencoba!
    salam

  5. i-DoeL mengatakan:

    Ass. Wr. Wb
    Pak,,, sAy4 m0 naNyA…..,
    Gmn caRanyA bLajaR yanG EfEktiF c0z sBentAr laGi UAN….???

    Wassalam…. ^.^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s