Pentingnya sebuah Konsistensi

Posted: 26 Juni 2011 in Artikel

1, Bila Anda Konsisten melakukan sesuatu, Anda akan menjadi kompeten

Penjelasan; Banyak orang yang tak memiliki keahlian apapun bahkan ketika ia sudah tua. Apa sebabnya? Salah satunya karena orang tersebut tidak pernah konsisten menekuni suatu keahlian. Selagi Anda muda, pilihlah satu keahlian dan secara konsisten Anda latih terus menerus. Bahkan untuk sesuatu yang Anda divonis tak punya keahlian, bila dilatih Anda akan ahli di bidang itu.

Saya dulu divonis tidak bisa alias bodoh pelajaran matematika oleh teman saya yang juara kelas. Vonis itu melekat lama pada diri saya. Setelah saya belajar tentang bahayanya hambatan mental, maka saya berkomitmen bahwa salah satu hambatan mental yang akan saya buang adalah: “Tidak Bisa Matematika.”

Akhirnya, saya berjuang terus untuk menghancurkan persepsi negative tersebut dan berani mengatakan pada dunia saya harus bisa matematika, Alhamdulillah saya mampu lulus di PT jurusan Matematika, dan termasuk 10 besar lulusan terbaik pada tahun 2011, dan saat ini saya menjadi guru matematika dan bahkan menjadi instruktur matematika di Bimibingan Belajar Primagama. Subhanalah.

2. Seseorang yang konsisten melakukan dosa kecil, hidupnya akan semakin serakah dan hilang rasa malunya (Jamil Azzaini)

Penjelasan: Banyak orang yang menyepelekan hal-hal kecil. Padahal sesuatu yang besar tersusun  dari hal-hal yang kecil. Begitu juga orang yang konsisten melakukan dosa kecil semakin lama akan ringan melakukan dosa besar. Orang yang terbiasa tak peduli dengan orang lain, menyakiti, maka suatu ketika akan berani mengambil hak orang lain.

Bukan hanya itu, akhirnya orang itu tanpa beban dan punya rasa malu mengambil uang rakyat yang hidupnya semakin sekarat. Ironisnya, dananya digunakan untuk berobat ke Singapura, bahkan ada yang digunakan untuk pergi ke Tanah Suci. Benar-benar tak tahu malu…

Memang kita bukan malaikat. Saya pernah berbuat dosa, Anda pun pernah berbuat dosa. Tetapi, berusahalah agar dosa sekecil apapun tidak melekat dalam diri kita. Dosa kecil yang kita lakukan secara konsisten seperti kita minum air laut, semakin banyak yang kita minum semakin hauslah kita. So, berhentilah berbuat dosa sekarang juga!

Nah, tentukanlah segera hal kecil apapun yang akan Anda lakukan secara konsisten dan tinggalkan pula hal negatif walau kecil yang selama ini konsisten Anda lakukan. Selamat mencoba…

Tinggalkan Balasan

